Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial
Vol 3, No 2 (2019)

PENGARUH KAMPANYE POLITIK PASANGAN MURSIL-TENGKU INSYAFUDDIN TERHADAP PERILAKU PEMILIH PADA PILKADA ACEH TAMIANG TAHUN 2017

Azwanil Fakhri (Universitas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Kajian mengenai pengaruh kampanye politik terhadap perilaku pemilih sejauh ini masih jarang dilakukan dalam konteks Pemilu Kepala Daerah di Aceh. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kampanye politik Pasangan Mursil-Tengku Insyafuddin terhadap perilaku pemilih pada Pilkada Aceh Tamiang Tahun 2017. Peneliti menggunakan metode korelasional untuk menganalisis temuan hasil survei yang telah dilakukan kepada 400 orang responden terpilih. Uji hipotesis dianalisis menggunakan rumus regresi berganda dan rumus koefisien korelasi Spearman dengan bantuan perangkat lunak SPSS for Windows 24.0. Hasil penelitian menemukan variabel kampanye politik berpengaruh terhadap perilaku pemilih. Berdasarkan interpretasi nilai Guilford, hasil uji koefisien korelasi antar variabel juga menemukan nilai keeratan hubungan antar variabel berada di rentang rendah sampai dengan sedang dengan tingkat hubungan yang signifikan. Hasil penelitian ini membuktikan hipotesis yang diajukan bahwa kampanye politik berpengaruh terhadap perilaku pemilih.  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

KOMUNIKOLOGI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Komunikologi : Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial merupakan jurnal di bawah pengelolaan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera ...