Jurnal GeoEkonomi
Vol. 11 No. 1 (2020)

ANALISIS DAYA TARIK WISATA, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING : (Studi pada Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan)

Nina Indriastuty (Universitas Balikpapan)
Wahyu Eko Saputro (Universitas Balikpapan)
Sukimin Sukimin (Universitas Balikpapan)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Pantai Manggar Segara Sari merupakan objek wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kota Balikpapan. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan antara lain, untuk menganalisis daya tarik wisata terhadap kepuasan konsumen, untuk menganalisis persepsi harga terhadap kepuasan konsumen, untuk menganalisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, untuk menganalisis daya tarik wisata terhadap minat berkunjung ulang, untuk menganalisis persepsi harga terhadap minat berkunjung ulang, untuk menganalisis kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung ulang, dan terakhir, untuk menganalisis daya tarik wisata, persepsi harga, dan kualitas pelayanan terhadap minat berkunjung ulang melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening di Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan. Metode penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan metode analisis deskriptif dan verifikatif, serta menggunakan Analisis Jalur (Path Analysis) pada uji Regresinya. Hasil pengujian hipotesis adalah daya tarik wisata terbukti ada pengaruh positif tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, daya tarik wisata ada pengaruh negatif terhadap minat berkunjung ulang sehingga hipotesis tidak terbukti, daya tarik wisata melalui kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap minat berkunjung ulang, persepsi harga dan kualitas pelayanan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, persepsi harga terbukti berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap minat berkunjung ulang, kualitas pelayanan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung ulang, daya tarik wisata, persepsi harga, dan kualitas pelayanan terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, daya tarik wisata, persepsi harga, dan kualitas pelayanan melalui kepuasan konsumen terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung ulang di Pantai Manggar Segara Sari Balikpapan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

geoekonomi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal GeoEkonomi, terbitan ini berisi artikel ilmiah bidang Ekonomi yang diterbitkan secara berkala 6 bulanan (dua kali dalam satu tahun pada bulan Maret dan September). Terbit versi cetak kali pertama pada Bulan Maret 2010 (ISSN Print: ...