Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Vol 4 No 2 (2019)

FAMILY OWNERSHIP AS MODERATING VARIABLE ON THE EFFECT OF AGENCY COST ON FINANCIAL PERFORMANCE : A STUDY IN INDONESIA MANUFACTURING COMPANY

Yolandafitri Zulvia (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
05 May 2020

Abstract

Family Ownership As Moderating Variable On The Effect Of Agency Cost On Financial Performance: A Study In Indonesia Manufacturing Company. Perusahaan manufaktur merupakan sektor terbesar yang terdapat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini bertuajuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh agency cost terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur dengan perusahaan keluarga sebagai variabel moderasi. Agency cost dalam penelitian ini diproksikan dengan expense ratio dan asset utilization ratio, sementara itu kinerja keuangan perusahaan diproksikan dengan Return on Equity (ROE). Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indoneia (BEI) periode 2013-2017 dan sampel dipilih berdasarkan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 310 perusahaan-tahun pengamatan. Data penelitian merupakan data sekunder yang diambil dari situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan regresi panel sebagai alat analisisnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa expense ratio memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Kemudian untuk asset utilization ratio memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Sementara itu, Kepemilikan keluarga sebagai variabel moderasi tidak memperkuat ataupun memperlemah hubungan antara expense ratio dan asset utilization ratio terhadap kinerja keuangan perusahaan.     Kata Kunci : Biaya Keagenan, Kepemilikan Keluarga, ROE

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal ini diterbitkan dengan maksud utama mendiseminasi artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian maupun telaah literatur (setara dengan hasil penelitian) dibidang manajemen, bisnis, pemasaran dan ilmu ekonomi. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis menerima artikel (yang tidak dipublikasikan dalam ...