Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia
Vol 2, No 1 (2015): Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia

PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK KELAS 4 DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-MADANI KOMPLEK INKOPAD RW 06 TAJURHALANG KABUPATEN BOGOR TAHUN 2014

Herlina, Herlina (Unknown)
Fauzi, Ari Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2019

Abstract

Brain Gym adalah serangkaian gerakan sederhana yang dilatihkan pada anak untuk memberikan rangsangan atau stimulus ke otak. Stimulus yang diberikan dapat meningkatkan kemampuan kognitif, seperti kewaspadaan, konsentrasi, kecepatan dalam proses belajar dan memori, pemecahan masalah, serta kreativitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Brain Gym terhadap Prestasi Belajar pada Anak Kelas 4 di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Madani Komplek Inkopad Rw 06 Tajurhalang Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan rancangan One Group Pretest – Posttest Desaign dan pada didapatkan 18 responden yangdiperoleh dengan menggunakan purposive sampling. Analisis statistik Uji Dependent T-Test pada tingkat kemaknaan 95% (p<0,05) menunjukan ada pengaruh Brain Gym terhadap prestasi belajar anak kelas 4 (p = 0,000).

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

Gantari

Publisher

Subject

Health Professions

Description

Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada Masyarakat luas, situs Jurnal Keperawatan Widya Gantari Indonesia menyediakan artikel-artikel jurnal untuk diunduh secara gratis. Jurnal ...