Limacon: Journal of Mathematics Education
Vol 1, No 2 (2019): Limacon Journal of Mathematics Education

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create, Share) Terhadap Miskonsepsi Siswa Pada Soal Matematika Bentuk Cerita

Desti Alfiani (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Arif Muchyidin (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Nurma Izzati (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) memperoleh gambaran miskonsepsi siswa pada soal matematika bentuk cerita yang menerapkan model pembelajaran konvensional; (2) memperoleh gambaran miskonsepsi siswa pada soal matematika bentuk cerita yang menerapkan model pembelajaran SSCS; (3) mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran SSCS terhadap miskonsepsi siswa pada soal matematika bentuk cerita. Penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design dengan bentuk posttest-Only Control Design. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes miskonsepsi dengan menggunakan tes diagnostik two tier multiple choice disertai certainly response indeks (CRI) dan angket respon siswa. Tes diagnostik berupa tes pilihan ganda dengan alasan terbuka sebanyak 17 pertanyaan. Hasil posttest menunjukkan bahwa persentase rata-rata miskonsepsi pada kelas eksperimen sebesar 29% lebih rendah dibanding persentase rata-rata miskonsepsi pada kelas kontrol. Berdasarkan analisis data menunjukkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran sscs (search, solve, create, share) terhadap miskonsepsi siswa pada konten matematika soal bentuk cerita.Kata Kunci: miskonsepsi, sscs, two tier multiple choice

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

limacon

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Limacon: Journal of Mathematics Education is first published in 2019 and covers much research in all levels of mathematics education (primary, secondary, and higher education). The publication frequency is twice a year in June and December. ...