Jurnal Midpro
Vol. 11 No. 2 (2019): JURNAL MIDPRO

Pengaruh Pendidikan Tentang Seksual Saat Kehamilan Terhadap Persepsi Ibu Hamil Di Polindes Kasih Ibu Desa Pucangan Kecamatan Palang

Ryandini, Tiara Putri (Unknown)
pitaloka, Dyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Hubungan seksual saat kehamilan kini menjadi masalah yang utama bagi ibu hamil dan pasanganya. Salah satu penyebab  penurunan aktivitas seksual adalah, kecemasan terjadinya keguguran, kecemasan pada janin, ketidaknyamanan, perubahan fisik yang terjadi sepanjang kehamilan, ketakutan akan pecahnya ketuban, kecemasan terinfeksi penyakit tertentu atau kelelahan. Dengan memberikan pendidikan tentang seksual saat kehamilan terhadap ibu hamil diharapkan mampu mengatasi permasalahan ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan tentang seksual saat kehamilan terhadap persepsi ibu hamil.Penelitian ini menggunakan desain pre eksperimen(one group pra post test design) yang diambil dengan Systematic Purposive sampling yang melibatkan 26 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon dengan tingkat signifikan α ≤ 0,05.Hasil uji statistik Wilcoxon diperoleh p value = 0,000 (α < 0,05), dengan demikian H1 diterima yang artinya ada pengaruh pendidikan tentang seksual saat kehamilan terhadap persepsi ibu hamil.Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa pendidikan kesehatan seksual dapat mempengaruhi persepsi ibu menjadi baik. Oleh sebab itu, pendidikan tentang seksualitas  saat kehamilan perlu dilakukan, yang bertujuan untuk merubah persepsi buruk pada ibu hamil untuk melakukan hubungan seksual secara aman dan tidak beresiko.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

midpro

Publisher

Subject

Health Professions

Description

MIDPRO is a scientific journal maintained by Vocational Program of Midwifery, Universitas Islam Lamongan, Indonesia. This journal provides a venue for the publication of research relevant to midwives, midwifery practice and education. It publishes quantitative and qualitative original research ...