Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4, No 1 (2017): Bina Gogik: jurnal ilmiah pendidikan guru sekolah dasar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 PERCONTOHAN MEULABOH

Dian Kristanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2017

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Percontohan Meulaboh. Penelitian ini merupakan penelitian dengan mix method, yaitu kuantitatif dilanjutkan dengan kualitatif. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan eksperimen quasi dengan Desain kelompok kontrol yang non-ekuivalen (Nonequivalent Control Group Design), sedangkan kualitatif berdasarkan hasil observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan, antara lain: lembar validasi, lembar observasi, lembar soal tes, dan lembar pedoman wawancara. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2016 sampai dengan Januari 2017. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VI di sekolah tersebut, dan sampelnya yaitu siswa kelas VI semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 sebanyak dua kelas yaitu kelas VIA sebanyak 21 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIB sebanyak 21 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data adalah data kuantitatif ini dianalisis oleh peneliti dengan menggunakan statistik kemudian data kualitatif merupakan hasil penjabaran dari hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap hasil belajar siswa, hasil belajar lebih baik dengan menggunakan model Think Talk Write, dan proses pembelajaran lebih aktif dan menyenangkan daripada yang tidak menggunakan model tersebut.  Kata-kata kunci: Pengaruh, Think Talk Write, hasil belajar, siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Other

Description

Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sekolah Dasar merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan Biologi dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret ...