Penelitian ini bertujuan: meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelas XI Akuntansi 1 pada materi dampak pendudukan Jepang ke Indonesia. Penelitian ini dirancang dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang disusun dalam satuan siklus meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 1 dan lokasi penelitian adalah SMK Negeri 1 Tarakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keaktifan siswa melalui penerapan model inkuiri mengalami peningkatan dari 12% pada pra tindakan menjadi rata-rata 35% pada siklus I atau kategori kurang aktif. Pada siklus II menjadi rata-rata 76% atau kategori aktif. Berdasarkanhasil pembahasan, disimpulkan bahwa: penerapan model inkuiri untuk materi dampak pendudukan Jepang ke Indonesia dapat meningkatkan keaktifan siswa.
Copyrights © 2020