Penelitian iniĀ bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAK siswa dengan Kolaborasi Genius Learning Strategy dan Metode Brainstorming. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sipoholon. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA-1 yang berjumlah 30 orang siswa dan objek penelitian ini adalah Kolaborasi Genius Learning Strategy dan Metode Brainstorming. Dalam pengambilan data, teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Sedangkan, teknikĀ analisis data dengan reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Dari data hasil observasi menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I motivasi siswa mencapai 56,67% dan pada siklus II motivasi siswa mencapai 90% atau mengalami peningkatan sebesar 33,33%. Dari hasil analisis data diperoleh data tes sebelum kolaborasi dengan nilai rata-rata 59,83, sedangkan pada saat tes siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 67,83 atau terjadi peningkatan sekitar 8 poin. Dan pada tes siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 80,83 atau mengalami peningkatan sekitar 13 poin dari siklus I. Dapat disimpulkan bahwa Kolaborasi Genius Learning Strategy dan metode Brainstorming di SMA Negeri 1 Sipoholon T.P. 2019/2020 dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAK siswa.Kata Kunci : Genius Learning Strategy, Metode Brainstorming
Copyrights © 2020