Students´ Journal of Accounting and Banking
Vol 1, No 1 (2012): Vol. 1 No. 1 Edisi Pertama 2012

KAJIAN EMPIRIS ATAS PERILAKU BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MEMPENGARUHI STRES KULIAH MAHASISWA AKUNTANSI

Ike Mahananing Setyo Utami, 06.05.52.0116 (Unknown)
Kartika, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2013

Abstract

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan perilaku belajar mahasiswa jurusan akuntasi, keduanya memberikan pengaruh negatif dan signifikan terhadap stres kuliah responden, dalam hal ini variabel kecerdasan emosional memberikan pengaruh lebih dominan terhadap stres kuliah dibandingkan variabel perilaku belajar.Variabel Perilaku belajar (X1) mempunyai pengaruh negatif terhadap stress kuliah. Jika kecerdasan emosional semakin meningkat mengakibatkan stress kuliah semakin menurun, begitu pula sebaliknya jika pada kecerdasan emosional semakin menurun maka stress kuliah akan semakin meningkat.Variabel Kecerdasan Emosional (X2) mempunyai pengaruh negatif terhadap terhadap stress kuliah. Pengaruh negatif ini berarti bahwa perilaku belajar dan stress kuliah menunjukkan pengaruh terbalik. Jika perilaku belajar semakin meningkat mengakibatkan stress kuliah semakin menurun, begitu pula sebaliknya jika pada perilaku belajar semakin menurun maka stress kuliah akan semakin meningkat.Kata Kunci: perilaku belajar, kecerdasan emosional, stres kuliah.

Copyrights © 2012