SOLUSI
Vol 16, No 2 (2018)

ANALISIS SIKAP DAN MOTIVASI MASYARAKAT TERHADAP PARTISIPASI PEMBAYARAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) DI KELURAHAN SIWALAN KECAMATAN GAYAMSARI KOTA SEMARANG

Susanti Wahyuningsih (Unknown)
Yuliati Yuliati (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini adalah menganalisis pengaruh sikap terhadap partisipasi masyarakat dalammembayar PBB di Kelurahan Siwalan; Menganalisis pengaruh Motivasi terhadap partisipasimasyarakat dalam membayar PBB di Kelurahan Siwalan dan Menganalisis pengaruh sikap danmotivasi terhadap partisipasi masyarakat dalam membayar PBB di Kelurahan Siwalan. Jenispenelitian ini adalah explanatory atau penelitian yang bersifat menjelaskan pengaruh sikap danmotivasi masyarakat terhadap partisipasi masyarakat.Sedangkan variabel penelitian dengan menggunakan Variabel Bebas (independen) terdiri dari :Variabel Sikap (X1) dan Variabel Motivasi Masyarakat (X2); Variabel Terikat (dependen) yaituPartisipasi Masyarakat (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah Obyek Pajak Bumi danBangunan di lingkungan Kelurahan Siwalan Kecamatan Gayamsari Kota Semarang sebanyak1.420 Obyek Pajak. Jumlah populasi sebanyak 1.420 obyek pajak dengan tingkat kesalahan(sampling error) sebesar 10% (0,1), maka diperoleh hasil sampel sebanyak 93 sampel. Tekniksampling yang digunakan yaitu dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitianmenyatakan bahwa Sikap berpengaruh terhadap partisipasi masyarakat dalam membayar PBB. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05; motivasiberpengaruh terhadap partisipasi masyarakat dalam membayar PBB. Hal ini dibuktikan dengannilai signifikansi sebesar 0,017 lebih kecil dari 0,05; dan Sikap dan motivasi secara bersama samaberpengaruh terhadap partisipasi masyarakat dalam lebih kecil dari 0,05.Kata Kunci: Sikap, Motivasi, Partisipasi Masyarakat

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

solusi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

SOLUSI scientific magazine is a collection of quality scientific journals from various social science disciplines including economics, accounting, management and business. Topics raised in journals are adapted to current themes that can help practitioners and academics develop their knowledge and ...