Teacher in Educational Research
Vol 2, No 1 (2020)

Bendera matematika untuk meningkatkan keterampilan menentukan pasangan bilangan dengan hasil kali tertentu

Paimun Paimun (Sekolah Dasar Negeri 1 Wonosari, Gunungkidul)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan menentukan pasangan bilangan dengan hasil kali tertentu menggunakan  model Bendera Matematika terhadapanak  kelas II untuk meningkatan  nilai rata-rata ulangan harian, peningkatan presentase capaian KKM, dan respon terhadap pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus meliputi kegiatan: perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Subjek penelitian anakkelas II B SDN Wonosari I, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, catatan lapangan, tes, angket, observasi, dokumentasi.. Kriteria keberhasilan penelitian diukur dari:  (1) nilai rata-rata kelas minimal 75, (2) minimal 80% siswa mencapai KKM, yaitu 75, dan minimal 80% anak memberikan respon terhadap pembelajaran dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan model Bendera Matematika meningkatkan keterampilan menentukan pasangan bilangan dengan hasil kali tertentu. Terbukti dari tercapainya semua kriteria keberhasilan yang ditetapkan.Diantaranya (1) hasil tes menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas. (2) persentaseanak mencapai KKM meningkat, dan (3) respon anak  terhadap pembelajaran dalam kategori baik. Pre test, nilai rata-rata mencapai 72,86 dan persentase ketuntasan 53,57%,. Siklus 1 nilai rata-rata 85,00 dan persentase anak mencapai nilai KKM sebesar 67,85%, dan 100% anakmemberikan respon terhadap pembelajaran dalam kategori baik. Siklus 2 nilai rata-rata mencapai 91,79dan persentase mencapai KKM sebesar 100%, serta 100% anak memberikan respon terhadap pembelajaran dalam kategori baik

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

TER

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Teacher in Educational Research is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about education written by researchers, academicians, professional, and practitioners from all over the ...