Permasalahan dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa yang masih pasif dan pencapaian hasil siswa masih rendah yaitu 40%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar pada materi perkembangbiakan tumbuhan melalui Metode pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan lembar observasi untuk kegiatan belajar siswa, kegiatan guru, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode pembelajaran NHT dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dari materi pemuliaan tanaman di kelas empat siswa SD Kwangen. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil siswa. Pada Siklus 1, meningkat 72,5% dikategorikan ke dalam kategori cukup aktif dan pada Siklus II, meningkat menjadi 80% dikategorikan ke dalam kategori cukup. Pencapaian hasil belajar siswa pada Siklus 1 meningkat 55% dengan nilai rata-rata 76,10 dikategorikan ke dalam kategori cukup, meningkat menjadi 80% pada akhir siklus kedua dengan nilai rata-rata 82,05 dikategorikan ke dalam kategori baik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020