Program Pengabdian Masyarakat ini berdasar dari adanya sebuah permasalahan, yaitu minimnya pengetahuan para guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Wathoniyah tentang strategi meningkatkan minat baca siswa. Rendahnya minat baca siswa disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya: 1) metode belajar yang menekankan kemampuan menghafal; 2) tidak memiliki sarana perpustakaan yang memadai; dan 3) minimnya jenis buku yang dapat membangkitkan minat baca siswa. Berdasarkan beberapa hal tersebut, para guru membutuhkan strategi yang inovatif dalam meningkatkan minat baca anak didik. Pengabdian masyarakat ini bertujuan: 1) memperkaya wawasan para guru tentang metode belajar yang dapat mendorong siswa memiliki rasa ingin tahu dan minat untuk membaca beraneka macam buku; 2) memperkaya wawasan para guru tentang manajemen perpustakaan dan jenis-jenis buku yang bisa membangkitkan minat baca di kalangan siswa tingkat Madrasah Ibtidaiyah atau sekolah tingkat dasar (SD); 3) mendorong MI Al-Wathoniyah, khususnya para guru, untuk merumuskan strategi dalam meningkatkan minat baca siswa. Metode pelaksanaan pengabdian ini dibagi menjadi tiga tahapan; yaitu pendekatan terhadap mitra, partisipasi mitra, dan evaluasi dan keberlanjutan program pasca pelaksanaan pengabdian ini. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah adannya keinginan dari para guru untuk menciptakan sistem dan suasana yang kondusif dalam menumbuhkan antusiasme siswa dalam membaca. Di samping itu, para guru juga menyadari pentingnya membiasakan kepada para siswa tentang cara membaca yang efektif dan menyenangkan.
Copyrights © 2020