Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 2, No 1 (2020): MEI 2020

Pelatihan Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Penulisan Karya Ilmiah

Abdul Salam (Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Lambung Mangkurat)
Zainuddin Zainuddin (Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Lambung Mangkurat)
Eko Susilowati (Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Lambung Mangkurat)
Sarah Miriam (Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Lambung Mangkurat)
Mastuang Mastuang (Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Lambung Mangkurat)
Dewi Dewantara (Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Lambung Mangkurat)
Surya Haryandi (Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Lambung Mangkurat)
Supriyadi Supriyadi (Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Lambung Mangkurat)
Panji Rahmatullah (Pendidikan Fisika FKIP Univesitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman sekaligus melatih guru-guru di MTsN 3 Banjarmasin tentang model-model pembelajaran inovatif dan penulisan karya ilmiah. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi ceramah (pemaparan materi), tanya jawab, diskusi, dan penugasan. Peserta pengabdian adalah seluruh guru mata pelajaran di MTsN 3 Banjarmasin yang berjumlah 52 orang. Kegiatan pelatihan berjalan lancar dan terjadi peningkatan pemahaman peserta tentang model-model pembelajaran inovatif dengan gain score 0.46 (kategori sedang), dan dalam hal penulisan karya ilmiah dengan gain score sebesar 0,54 (kategori sedang). Respon peserta baik (positif) terhadap pelatihan yang dilaksanakan dan berharap kegiatan ini bisa berkelanjutan.This training aims to improve understanding and train teachers at MTsN 3 Banjarmasin on innovative learning models and to write scientific papers. The methods used in this training include lectures (material exposure), question and answer, discussion, and assignments. The service participants were all 52 subject teachers in MTsN Banjarmasin. The training activities went smoothly. There was an increase in participants' understanding of innovative learning models with a gain score of 0.46 (medium category) and in the case of writing scientific papers with a gain score of 0.54 (medium category). The participants' response was good (positive) to the training carried out and hoped that this activity could be sustainable. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

btj

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat publishes articles from community service. This Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat is periodically published by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat published ...