ETNOLINGUAL
Vol. 3 No. 2 (2019): ETNOLINGUAL

PENDEKATAN INSTRUKSIONAL PADA PERMAINAN ‘FAST FOR WORD READING SERIES’ UNTUK PERKEMBANGAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA INGGRIS ANAK DWIBAHASA

Fitriyatuz Zakiyah (STKIP Qomarudin Gresik)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2019

Abstract

Abstrak  Aplikasi Permainan ‘Fast for Word Reading Series’ menawarkan proses pengajaran membaca bahasa Inggris yang efektif hanya dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Aplikasi ini menggunakan pendekatan Effective Reading yang telah dipaparkan oleh National Learning Corporation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran pendekatan instruksional Effective Reading pada sebuah game untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris anak. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif untuk menjelaskan secara rinci bagaimana metode yang digunakan oleh permainan tersebut dinilai efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca anak. Objek pada penelitian ini adalah aplikasi Fast for Word Reading Series. Hasil menunjukkan bahwa lima pendekatan dari effective Reading telah diterapkan dalam permainan Fast for Word Reading Series. Kelima tahap itu, telah membagi permainan ini menjadi enam seri. Sehingga anak mampu meningkatkan keterampilan dan pemahaman membaca bahasa Inggris dengan baik. Selain itu, melalui pendekatan yang efektif dan pembelajaran yang dimulai dari dasar yaitu kesadaran fonemik hingga mampu mebaca dan memahami suatu teks yang mereka baca.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ETNO

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Etnolingual is a journal that is focused on highlighting the links between language and culture of all societies in the world. Without limiting the topic of study in terms of culture only, other linguistic studies such as; First, Second and Foreign Language Teaching and Acquisition, Language ...