Banyaknya pemberitaan yang berkaitan dengan pelayanan yang kurang baikpada sebuah rumah sakit menuntut setiap rumah sakit untuk meningkatkankualitas pelayanannya dari segi organisasi pelayanan kesehatan dan mutusumber daya manusia atau tenaga profesional kesehatan. Mutu sumber dayamanusia menjadi kunci penentu atas kualitas pelayanan. Tenaga kesehatanharus mampu memberikan pelayanan yang baik dengan menggunakanhati nurani. Hati adalah sumber energi dan perasaan mendalam yangmenuntut kita belajar, menciptakan kerjasama, memimpin dan melayani.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Metodepengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket,wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah tenagakesehatan yang ada di Rumah Sakit Queen Latifa Yogyakarta. Sampel yangdiambil sebanyak 47 responden. Analisis instrumen menggunakan analisisvaliditas dan reliabilitas, sedangkan analisis data menggunakan analisisdeskriptif, analisis korelasi, dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitianini menunjukkan adanya pengaruh secara positif dan signifikan antarakecerdasan spiritual dengan total quality service sebesar 0. 362 atau 36.2%.Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruhsecara positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual dengan total qualityservice di Rumah Sakit Queen Latifa Yogyakarta.Kata kunci : Kecerdasan Spiritual dan Total Quality Service
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015