Jurnal Media Wahana Ekonomika
Vol 14, No 4 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2018

Strategi Pengembangan Industri Kreatif Produk Sulam Tempel Bordir Di Desa Seritanjung Ogan Ilir

Ninin Non Ayu Salmah (Unknown)
Emma Lilianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang dihadapi industri kreatif  produk sulam tempel bordir di Desa Seritanjung Ogan Ilir serta menentukan strategi yang tepat dalam upaya mengembangkan industri kreatif  produk sulam tempel bordir di Desa Seritanjung Ogan Ilir. Penelitian ini menggunakan data primer dengan teknik pengumpulan data observasi wawancara. Keabsahan data adalah metode triangulasi sumber. Variabel penelitian adalah profil usaha industri kreatif sulam tempel bordir di Desa Seritanjung. Metode analisis data adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif.  Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menyusun matriks IFE dan EFE, analisis matriks SWOT, analisis grafik cartesius dan analisis kombinasi strategi kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan usulan strategi yang tepat untuk mengembangkan industri kreatif sulam tempel bordir di Desa Seritanjung adalah strategi SO (strength-opportunities). Keywords : industri kreatif, analisis SWOT, strategi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Ekonomika

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Media Wahana Ekonomika Merupakan Jurnal Ilmu Ekonomi yang secara khusus mengkaji tentang Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi dan Kewirausahaan. Terbit 4 kali dalam Setahun periode April, Juli, Oktober dan Januari. Terdaftar nomor di ISSN 1693-4091 (cetak) dan E-ISSN 2622-1845 (online) ...