Jurnal Media Wahana Ekonomika
Vol 15, No 4 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2019

Kajian Empiris Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus pada UPT Perpustakaan Universitas PGRI Palembang)

Edduar Hendri (Unknown)
Erfan Robyardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel kualitas layanan terhadap kepuasan mahasiswa dan loyalitas mahasiswa pada Perpustakaan Universitas PGRI Palembang. Dengan menerapkan metode survei sehingga penelitian ini mampu memberikan deskripsi dan menjelaskan pengaruh sebab akibat antar variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang menggunakan layanan Perpustakaan Universitas PGRI Palembang berjumlah 5032 mahasiswa periode kunjungan Januari sampai dengan Oktober 2018. Dengan menerapkan rumus Slovin maka diperoleh sampel sejumlah 98 mahasiswa yang diambil dengan metode accidental sampling. Data diperoleh melalui kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan secara langsung berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa, kualitas  layanan  secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, kepuasan mahasiswa secara langsung berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa dan loyalitas mahasiswa dapat dibangun dari variabel kualitas layanan melalui kepuasan mahasiswa pada perpustakaan Universitas PGRI Palembang. Kata kunci: Kualitas layanan, kepuasan dan loyalitas

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Ekonomika

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Media Wahana Ekonomika Merupakan Jurnal Ilmu Ekonomi yang secara khusus mengkaji tentang Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi dan Kewirausahaan. Terbit 4 kali dalam Setahun periode April, Juli, Oktober dan Januari. Terdaftar nomor di ISSN 1693-4091 (cetak) dan E-ISSN 2622-1845 (online) ...