Persepsi merupakan tindakan menyusun, mengenali, dan menafsirkan informasi sensorisguna memberikan gambaran dan pemahaman tentang lingkungan. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui persepsi pengguna sistem E-filing dan E-biling berbasis Technology Acceptance Modelbagi pegawai negeri sipil di Undiksha. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Sumberdata yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Subjek penelitian ini adalah pegawainegeri sipil di Rektorat dan Fakultas Bahasa dan Seni Undiksha. Teknik penentuan sampel yangdigunakan yaitu Purposive Sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakanmetode observasi dan wawancara yang kemudian disajikan dalam bentuk desain deskriptif. Hasilpenelitian ini menyatakan bahwa adanya persepsi positif dari wajib pajak. Dengan adanya sistempelaporan dan pengisian sistem e-filing dan e-biling ini dapat meningkatkan efektifitas, dan efisiensibagi pengguna wajib pajak dan juga bagi Kantor Pelayanan Pajak, karena dapat mempermudahpelaporan dan pemungutan pajak.Kata Kunci : Persepsi, E-Filing, E-Biling, Technolo
Copyrights © 2019