JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan
Vol 1, No 2 (2018)

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN NASIONAL IPA SD/MI TAHUN 2015 SAMPAI 2017 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM

Nadya Rahmalia Mujib (Universitas Negeri Malang)
Anselmus J.E Toenlioe (Universitas Negeri Malang)
Henry Praherdhiono (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
13 May 2018

Abstract

Penelitian ini, bertujuan untuk menggambarkan tingkat persentase soal  UN berdasarkan Standart Kompetensi Kelulusan, serta mengetahui tingkat kognitif dalam soal-soal UN tahun 2014/2015 sampai dengan 2016/2017 berdasarkan Taksonomi Bloom. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah soal UN SD/MI mata pelajaran IPA tahun 2014/2015, 2015/2016, dan 2016/2017. Hasil analisis yang telah dilakukan secara bertahap, berdasarkan proses kognitif yang digunakan dalam penyelesaiannya. Ditemukan Bahwa (1) jumlah dan persentase soal terbanyak pada soal UN IPA tahun 2014/2015, 2015/2016, dan 2016/2017 terdapat pada Kompetensi “Perkembangbiakan dan Penyesuaian Makhluk Hidup”, sedangkan persentase terendah terdapat pada kompetensi “Daur hidup beberapa hewan” dan “Daur air”. Tingkat kognitif masing-masing soal digolongkan ke dalam empat tingkat kognitif berdasarkan taksonomi Bloom. Peta kognitif yang dihasilakan pada soal UN SD/MI mata pelajaran IPA berturut-turut adalah : C1 (50%, 50%, 35%), C2 (27,5%, 22,5%, 40%), C3 (5%, 12,5%, 5%), C4 (17,5%, 15%, 20%), C5 (0%), dan C7 (0%). Dari Hasil analisis tersebut, jenjang kognitif siswa yang diukur masih berada dalam level rendah atau Low Order Thingking Skills (LOTS). 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jktp

Publisher

Subject

Other

Description

JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikanis a journal in the field of educational technology which contains literature review, action reserach, case study research, and empirical findings in scientific disciplines of educational technology theories and practices. The covered topics are involved the ...