At-Tauzi: Jurnal Ekonomi Islam
Vol 13 No 2 (2015): Vol 13 / Desember 2015

Pengaruh Karakteristik Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Berlabel Halal (Studi Kasus Pada Ibu-Ibu di Kota Yogyakarta)

Salihah Khairawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan pengaruh variabel budaya, variabel sosial, variabel pribadi /personal dan variabel psikologis terhadap keputusan pembelian produk makanan berlabel halal di kalangan ibu-ibu kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan non-probability sampling dengan pendekatan judgement sampling dengan jumlah 98 responden yang merupakan wanita muslimah yang telah memiliki keluarga (anak dan suami) yang berdomisili di kota Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: adanya pengaruh secara bersama-sama dari variabel budaya, variabel sosial, variabel pribadi /personal dan variabel psikologis terhadap keputusan pembelian produk makanan berlabel halal. Serta adanya pengaruh secara parsial dari variabel budaya, variabel sosial, variabel pribadi /personal dan variabel psikologis terhadap keputusan pembelian, variabel budaya adalah variabel yang paling dominan diantara variabel lainnya dalam mempengaruhi keputusan pembelian.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

attauzi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal At Tauzi is an academic journal with peer-reviewed process in Islamic Economic disciplines. Scientific and Research Articles dealing with Islamic Management, Islamic Banking, Islamic Finance, Islamic Business, Islamic Accounting, and related topics with Islamic economic are ...