Jurnal Pendidikan IPS
Vol 1, No 1 (2017)

PEMANFAATAN MEDIA SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS

I Wayan Witama (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Gede Astra Wesnawa (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Putu Sriartha (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Selemadeg dengan tujuan: (1) mengkaji motivasi belajar siswa dengan menggunakan aplikasi SIG sebagai media pembelajaran. (2) menganalisis hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi SIG sebagai media pembelajaran. Untuk mencapai tujuan penelitian digunakan rancangan eksperimen semu  The Posttest-Only Control Group Design dengan menetapkan sampel dua kelas sebagai sampel kelas control dan kelas treatment yang telah disetarakan sebelumnya. Data motivasi dikumpulkan dengan kuesioner skala 5 dan data hasil belajar dikumpulkan dengan memberikan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa yang menggunakan media SIG dengan menggunakan media light projector  ( t hitung = 9,209, P < 0,05). Motivasi belajar siswa dengan pemanfaatan media SIG lebih tinggi (rata-rata = 85,6) dibandingkan dengan pemanfaatan media light projector (rata-rata =74,8). (2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan media SIG dengan menggunakan media light projector ( t hitung = 3,992, P < 0,05). Hasil belajar siswa dengan pemanfaatan media SIG lebih tinggi (rata-rata = 11,9) dibandingkan dengan pemanfaatan media light projector (rata-rata = 8,3). Implikasi hasil penelitian adalah penggunaan media SIG dapat dipertimbangkan untuk diimplementasikan dalam proses pembelajaran IPS di SMP terutama dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Motivasi, Hasil belajar IPS, Media Sistem Informasi Geografis (SIG

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PIPS

Publisher

Subject

Description

Jurnal Pendidikan IPS Indonesia adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang Pendidikan ilmu sosial. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu ...