Jurnal Pendidikan IPS
Vol 1, No 1 (2017)

TRADISI NAMPAH BATU SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PENGEMBANGAN MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SMP N 5 KUBUTAMBAHAN

I Made Deta Barry Suhartawan (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) mengetahui alasan penggunaan batu sebagai sarana utama dalam tradisi nampah batu, 2) mengetahui prosedur  tahapan dan proses ritual tradisi nampah batu di desa pakraman Depeha, 3) mengetahui nilai religius, nilai toleransi, nilai kerja sama, nilai disiplin,   nilai tanggungjawab, nilai gotong royong yang terkandung dalam ritual tradisi nampah batu berdasarkan kurikulum 2013, 4)  memahami pengintegrasian tradisi nampah batu  di Desa  Depeha ke dalam RPP di SMP Negeri  5 Kubutambahan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian  dilaksanakan di Desa Depeha, tepatnya di SMP N 5 Kubutambahan, data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Data penelitian selanjutnya diolah melalui tiga tahapan, yaitu: 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) tradisi   nampah batu  merupakan simbol tanda penghormatan  terhadap leluhur  yang bermakna positif terkait kehidupan manusia, 2) Pelaksanaan tradisi nampah batu dilaksanakan  pada purnama karo  yang bertepatan pada bulan agustus, 3) Terdapat 6 nilai karakter yaitu nilai religius, nilai toleransi, nilai kerja sama, nilai disiplin, nilai tanggungjawab, nilai gotong royong yang tercermin dan terepresentasikan pada tradisi nampah batu, 4)  Pengintegrasian  nampah batu dapat dipresentasikan kedalam nilai-nilai karakter yang berpedoman pada pegangan hidup. Kata kunci:  Tradisi Nampah Batu, Nilai-nilai Karakter dari Tradisi Nampah, Pengayaan Sumber Pembelajaran IPS

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PIPS

Publisher

Subject

Description

Jurnal Pendidikan IPS Indonesia adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang Pendidikan ilmu sosial. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu ...