Jurnal Pendidikan IPS
Vol 1, No 1 (2017)

REKONSTRUKSI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PENINGGALAN PURBAKALA DI DESA PAKRAMAN SELULUNG, KINTAMANI, BANGLI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMP

I Wayan Pardi (Universitas Pendidikan Ganesha)
Luh Putu Sendratari (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Ketut Margi (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi jenis peninggalan purbakala yang ada di Desa Pakraman Selulung, Kintamani, Bangli, (2) Mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam peninggalan purbakala di Desa Pakraman Selulung, (3) Menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter pada peninggalan purbakala yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar IPS di SMP, dan (4) Menganalisis cara pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam peninggalan purbakala dalam perangkat pembelajaran IPS di SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan langkah-langkah, yakni penentuan lokasi penelitian, metode penentuan informan, metode pengumpulan data, istrumen penelitian, metode pengujian keabsahan data, dan metode analisis data. Hasil temuan: (1) Jenis peninggalan purbakala di Desa Pakraman Selulung adalah Punden Berundak, Arca Megalitik, Menhir, Hiasan Tanduk Kerbau, Batu Alam, Lempengan Batu, kerang, Arca bercorak Tiongkok, Arca Hindu, Arca Perunggu, Lingga Yoni, Gamelan Kuno, dan batu berbentuk roda. (2) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam peninggalan purbakala adalah karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif dan inovatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, gotong royong, hormat, peduli lingkungan, tanggung jawab, berani mengambil resiko, tangguh, terbuka, ramah dan luwes, moderat, dan seni. (3) Nilai-nilai pendidikan karakter pada peninggalan purbakala dapat diaplikasikan sebagai sumber belajar IPS di SMP kelas VII pada standar kompetensi memahami lingkungan kehidupan manusia dan kompetensi dasar mendeskripsikan kehidupan pada masa pra aksara di Indonesia. (4) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam peninggalan purbakala diintegrasikan ke dalam silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran IPS ke dalam aspek tujuan, indikator, materi, strategi dan metode, langkah-langkah, dan penilaian pembelajaran. Kata Kunci: Peninggalan purbakala, Karakter, Perangkat Pembelajaran

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

PIPS

Publisher

Subject

Description

Jurnal Pendidikan IPS Indonesia adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang Pendidikan ilmu sosial. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ilmu ...