Upaya Kesehatan adalah setiap kegiatan dan/atau serangkaian kegiatan yang dilakukan secara terpadu, terintregasi dan berkesinambungan untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam bentuk pencegahan penyakit, peningkatan kesehatan, pengobatan penyakit, dan pemulihan kesehatan oleh Pemerintah dan/atau masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh tanggapan, jaminan, bukti fisik, empati dan kehandalan terhadap kepuasan pasien rawat inap diRSUD Satelit Tobadak. Metode penelitian ini yaitu deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dari penelitian ini sebanyak 764 pasien dan jumlah sampel sebanyak 80 pasien. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara tanggapan, jaminan, bukti fisik, empati dan kehandalan dengan kepuasan pasien. Sedangkan dari hasil uji statistic person chi-cruare test diketahui bahwa, ada pengaruh yang siknifikan antara jaminan, bukti fisik, empati terhadap kepuasan pasien, sedangkan tanggapan dan kehandalan tidak ada pengaruh yang signifikan dengan kepuasan pasien.
Copyrights © 2016