Frontiers
Vol 2, No 3 (2019): DESEMBER 2019

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATA PELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA DI SMK

Yansye, Sinaulan P. I (Unknown)
Sojow, Luckie (Unknown)
Runtuwene, J. P. A (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Desain Multimedia berbasis Android untuk siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Sonder dan mengetahui kelayakan aplikasi Desain Multimedia Desain Multimedia berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran Multimedia, dan pendapat dari siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Tahapannya ada 5 tahap yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi), namun hanya dilaksanakan hingga tahap keempat, yaitu Implementasi. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran Desain Multimedia yaitu guru SMK Negeri 1 Sonder. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 31 siswa kelas XI Multimedia di SMK Negeri 1 Sonder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran Desain Multimedia dengan aplikasi Desain Multimedia berbasis Android sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh total skor 98,00 yang termasuk dalam kategori ?Sangat Baik? dan jika dipersentasekan mendapat nilai 90,74%, sehingga termasuk kategori ?Sangat Layak?, 2) Ahli media diperoleh total skor 87,00 yang termasuk dalam kategori ?Sangat Baik? dan jika dipersentasekan mendapat nilai 94,57%, sehingga termasuk kategori ?Sangat Layak?, dan 3) Praktisi pembelajaran Desain Multimedia total skor 111,00 yang termasuk dalam kategori ?Sangat Baik? dan jika dipersentasekan mendapat nilai 89,52%, sehingga termasuk kategori ?Sangat Layak?. Respon siswa terhadap media ini pada saat dilakukan uji coba rata-rata menunjukkan respon positif dengan mendapatkan persentase ? 90% setiap indikatornya. Dengan demikian media pembelajaran Desain Multimedia berbasis Android ini layak digunakan sebagai media pembelajaran Desain Multimedia di SMK Negeri 1 Sonder

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

efrontiers

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Control & Systems Engineering Energy Engineering Materials Science & Nanotechnology Mechanical Engineering

Description

FRONTIERS: Jurnal Sains dan Teknologi merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Manado. Jurnal diterbitkan tiga kali dalam setahun, yaitu pada bulan April, Agustus, dan Desember. Jurnal ini mempublikasikan Karya Ilmiah ...