JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial
Vol 14 No 1 (2020): JPE: Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan

PENGGUNAAN MEDIA PREZI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN PERUSAHAAN DAGANG (Studi Kasus Pada Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2018/2019)

Diah Widyastuti (Universitas Jember)
Titin Kartini (Universitas Jember)
Sri Kantun (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media Prezi dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 4 Jember pada materi jurnal penyesuaian perusahaan dagang semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus mulai dari tahap perencanaan, pelaksaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 36 siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 4 Jember. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Prezi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pada siklus I motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori sedang dengan skor 1,2 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor 1,8 dalam kategori tinggi. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 79,06 dengan ketuntasan klasikal sebesar 77,7% dan mengalami peningkatan menjadi 82,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 88,8% pada siklus II.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial (JPE), an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to economics education and ...