Asas: Jurnal Sastra
Vol 9, No 1 (2020): ASAS : Jurnal Sastra

Implementasi Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa dalam Menulis Cerita Pendek

Bambang Panca Syahputra (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2020

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan  untuk meningkatkan prestasi siswa dalam menulis cerita pendek dengan menggunakan pendekatan Saintifik. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian berlokasi di FKIP UMSU Medan. Subjek penelitian ini terdiri dari 35 mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris semester VII-D tahun akademik 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif- kuantitatif untuk mendapatkan data.  Pada tes siklus pertama skor rata-rata adalah 74,4 dan pada tes siklus kedua skor rata-rata adalah 87,4. Peningkatan juga dapat dilihat dari persentase kemampuan menulis siswa dalam tes kompetensi pada siklus pertama 60% (21 siswa) dari jumlah siswa yang memperoleh skor 75. Pada siklus kedua ada 35 siswa mencapai nilai lebih dari 75 dengan persentase 100% yang berarti semua siswa berhasil melebihi standar skor minimum. Ini berarti bahwa penerapan pendekatan Saintifik dalam meningkatkan prestasi siswa dalam menulis cerita pendek berhasil.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ajs

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Asas:Jurnal Sastra merupakan jurnal yang menerbitkan artikel mengenai pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. Jurnal ini juga dihadirkan untuk mendukung pengembangan akademika di Jurusan Bahasa, sastra Indonesia. Jurnal ini terbit sebanyak empat kali dalam setahun pada bulan April, Juni, ...