JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA
Vol. 3 No. 2 (2018): JP2BS

KEMAMPUAN MENULIS PANTUN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING DI SMP NEGERI 1 GUNUNGSITOLI UTARA

Trisman Harefa (IKIP Gunungsitoli (Yaperti Nias))



Article Info

Publish Date
29 Oct 2018

Abstract

Menulis pantun adalah serangkaian kegiatan seseorang untuk menuangkan pengetahuan atau pengalaman yang dimilikinya ke dalam bentuk tulisan yang ditandai oleh adanya bagian lampiran dan bagian isi sehingga memiliki keterikatan tertentu yang diperhatikan oleh penulis yakni tiap bait terdiri dari 4 baris, tiap baris terdiri atas 8 sampai 12 suku kata, sajaknya a-b-a-b atau bunyi akhir baris pertama sama dengan bunyi akhir baris ketiga, dan bunyi akhir baris kedua sama dengan bunyi akhir baris keempat, dan kedua baris pertama merupakan lampiran, sedangkan isinya terdapat pada kedua baris terakhir. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JP2BS

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JP2BS is a high-quality open access research journal published by Institute for Research and Community Service of Muslim Nusantara Al Washliyah University (LP2MUMNAW). JP2BS receives research articles written by researchers, teachers, students, academics, professionals, and practitioners, this ...