Perkembangan media baru saat ini juga mempengaruhi perkembangan di bidang pariwisata melalui sebuah konstruksi sosial dalam bentuk baru dari pengembangan pada sektor pariwisata. Media sosial digunakan sebagai sarana untuk menyebarkan informasi, komunikasi, dan promosi. Kegiatan mempromosikan potensi wisata bisa dilakukan dengan mudah oleh masyarakat yang menyadari bahwa daerahnya memiliki potensi pariwisata yang bisa dijadikan sebagai objek wisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan media sosial dalam mempromosikan potensi pariwisata daerah di Kecamatan Bantan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mempromosikan potensi wisata daerah Kecamatan Bantan dapat berjalan dengan menggunakan berbagai media sosial melalui tahapan yaitu komunikator, pesan, media dan komunikan. Pemanfaatan media sosial banyak ditemui melalui facebook, instagram, whatsApp. Penggunaan media sosial tersebut banyak manfaat dan keuntungan bagi masyarakat dalam mempromosikan potensi wisata baru di daerah yang belum dikenal luas. Manfaatnya antara lain dapat dengan mudah menyebarluaskan informasi daerah wisata, informasi perjalanan, dan dapat menarik perhatian pengguna lainnya yang lebih banyak didukung oleh penggunaan fitur-fitur pemilik media sosial tersebut.
Copyrights © 2018