Medium : Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi
Vol 6 No 2 (2018): Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau

Pemanfaatan Media Sosial Masyarakat Sadar Wisata Dalam Mempromosikan Potensi Wisata Baru

Nurjanah Nurjanah (Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2018

Abstract

Perkembangan media baru saat ini juga mempengaruhi perkembangan di bidang pariwisata melalui sebuah konstruksi sosial dalam bentuk baru dari pengembangan pada sektor pariwisata. Media sosial digunakan sebagai sarana untuk menyebarkan informasi, komunikasi, dan promosi. Kegiatan mempromosikan potensi wisata bisa dilakukan dengan mudah oleh masyarakat yang menyadari bahwa daerahnya memiliki potensi pariwisata yang bisa dijadikan sebagai objek wisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan media sosial dalam mempromosikan potensi pariwisata daerah di Kecamatan Bantan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mempromosikan potensi wisata daerah Kecamatan Bantan dapat berjalan dengan menggunakan berbagai media sosial melalui tahapan yaitu komunikator, pesan, media dan komunikan. Pemanfaatan media sosial banyak ditemui melalui facebook, instagram, whatsApp. Penggunaan media sosial tersebut banyak manfaat dan keuntungan bagi masyarakat dalam mempromosikan potensi wisata baru di daerah yang belum dikenal luas. Manfaatnya antara lain dapat dengan mudah menyebarluaskan informasi daerah wisata, informasi perjalanan, dan dapat menarik perhatian pengguna lainnya yang lebih banyak didukung oleh penggunaan fitur-fitur pemilik media sosial tersebut.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Medium

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal medium menerima artikel naskah di bidang ilmu komunikasi yang sesuai dengan tradisi penelitian ilmu komunikasi (Semiotika, Sibernetika, Fenomenologi, Sosiopsikologis, Sosiokultural, Kritis, Retorika). Secara umum objek penelitian ilmu komunikasi yang diterbitkan dalam jurnal Medium adalah ...