Pelanggan merupakan bagian terpenting dalam memajukan perusahaan bidang jasa maupun barang, oleh karena itu perlu perhatian khusus dalam menganalisis pelanggan. Analisis ini berguna oleh bagian marketing untuk memudahkan dalam menentukan tindakan selanjutnya, seperti untuk mempertahankan pelanggan dan menarik pelanggan tidak tetap menjadi tetap. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan peringkat pelanggan terbaik dimana pelanggan terbaik nantinya akan diberi bonus, harga khusus atau promo-promo menarik dan prioritas pengerjaan agar pelanggan tersebut tetap menjadi pelanggan setia disamping itu juga harus memperhatikan pelanggan lainnya. Data pelanggan yang diolah dalam penelitian ini adalah data historis pemesanan pelanggan di bagian marketing, dan dengan didukung metode weighted Product. Hasil dari penelitan ini adalah sistem pendukung keputusan untuk membuat peringkat dan penentuan pelanggan terbaik agar pihak marketing mampu menganalisa pelanggan dengan cepat dan tepat, penelitian ini adalah telah mampu membuat aplikasi sistem pendukung keputusan dan menerapkan metode weighted product sebagai pemecahan masalah penentuan peringkat pelanggan terbaik di PT. Asia Raya Foundry dan mendapatkan hasil yang sama antara perhitungan manual dan perhitungan di sistem.
Copyrights © 2019