Buku kerja sebagai perekam tugas siswa yang disusun oleh siswa sendiri secara bertahap, berjenjang, terjadwal dan terperinci. Kebenaran dan ketepatan buku kerja menentukan terhadap hasil praktek siswa, sehingga tercipta kualitas benda nyata yang sesuai standar dengan waktu pengerjaan yang lebih efisien. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas penggunaan buku kerja untuk meningkatkan hasil belajar Kewirausahaan di SMK N 1 Kalijambe. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest–Posttest. Hasil Penelitian berdasarkan analisis uji t menunjukan t hitung= 11,70 lebih besar dari pada t tabel =2,070 dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. Kesimpulan yang diperoleh yaitu ada efektifitas penggunaan buku kerja pada peningkatan hasil belajar siswa pada Kewirausahaan di SMK N 1 Kalijambe dan besarnya efektivitas adalah 0.30 atau dalam perhitungan gain tergolong kategori sedang.
Copyrights © 2018