Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Karakter religius santri sifir madrasah Qudsiyyah kudus, yang merupakan bagian dari pendidikan anak usia dini, dengan mengangkat beberapa permasalahan diantaranya bagaimana model kurikulum yang diterapkan di lembaga ini serta implementasi pembelajarannya, strategi yang dilakukan oleh guru laki laki dalam membentuk karakter dalam diri santri sifir, kemudian bagaimana karakter religius yang merupakan perilaku khas para santri sifir. Kajian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan metode penelitian kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis dan disimpulkan. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa model kurikulum yang diterapkan merupakan hasil kombinasi antara kurikulum RA kemenag dan kurukulum lokal madrasah yang. menonjolkan nilai-nilai keislaman, strategi yang dilakukan adalah dengan keteladanan, suasana religious, internalisasi nilai religi dan pembiasaan, karakter religious yang muncul diklasifikasikan menjadi tiga bagian yaitu dari segi akidah, syariah, dan akhlaq.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020