Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 9, No 3 (2011)

Strategi Komunikasi dalam Pemberdayaan Masyarakat Korban Konflik Poso

Muhammad Khairil (Program Studi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Berbagai konflik sosial bernuansa agama baik antar sesama pemeluk ajaran satu agama maupun yang berbeda keyakinan seringkali mewarnai kehidupan setiap insan beragama. Manusia saling menyalahkan satu sama lain, klaim kebenaran sebagai kebenaran mutlak, hakim menghakimi sehingga saling membunuh satu sama lain atas nama agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi yang selama ini dilakukan dalam proses pemberdayaan masyarakat korban konflik Poso berbasis agama dan budaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan perspektif emik yaitu mengutamakan pandangan dan pendirian subjek penelitian terhadap situasi yang dihadapinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, kehidupan masyarakat Poso terbagi dalam tiga fase yaitu pra konflik, saat konflik, dan pasca konflik. Kedua, langkah-langkah strategis dalam upaya pemberdayaan masyarakat setidaknya dilakukan dalam dua hal yaitu pendidikan damai berbasis pluralisme agama dan budaya serta penguatan modal sosial. Ketiga, strategi komunikasi dalam upaya pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan tiga pendekatan yaitu komunikasi antarpesonal dalam bentuk negosiasi, komunikasi kelompok, dan organisasi dalam bentuk pembentukan. Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) dan komunikasi massa berbasis budaya seperti halnya publikasi pelaksanaan Festival Danau Poso (FDP).

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi focuses on writings that contain current research and thinking in the fields of: Communication Science, including media and journalism studies, audio and audiovisual broadcasting studies, public relations studies and advertising studies; Design of Visual Communication; ...