Matematika adalah ilmu yang ada di setiap jenjang pendidikan, mulai dari sekolahdasar sampai perguruan tinggi. Berdasarkan PP Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 9 ayat (3)dikatakan bahwa kurikulum tingkat satuan pendidikan tinggi program sarjana dan Diplomawajib memuat mata kuliah yang bermuatan kepribadian, kebudayaan, serta mata kuliahstatistika, dan atau matematika. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya kontribusimatematika dalam berbagai bidang kehidupan, misalnya bidang teknologi informasi, industri,asuransi, keuangan, pertanian, sosial maupun teknik.Mata kuliah logika matematika pada kurikulum tersebut meliputi dasar – dasarlogika, kalimat berkuantor, aljabar boolean dan teori himpunan, sedangkan mata kuliahmatematika diskrit meliputi kombinatorik, relasi dan fungsi, relasi rekursif ( relasi berulang),prinsip sangkar burung merpati dan teori graf. Penelitian ini menggunakan pendekatandeskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan studi pustaka danwawacara. Kontribusi penelitian ini adalah studi keilmuan untuk lebih mengembangkanmatematika pada ilmu komputer.Hasil analisis yang diperoleh bahwa hubungan matematika terhadap ilmu komputeradalah pada mata kuliah logika matematika. Inti dasar dari manajemen informatika adalahpembuatan aplikasi, sistem informasi atau software, dimana dalam pembuatannyamembutuhkan perhitungan dan logika yang pasti. Dengan demikian , logika matematikasangat penting dalam rangka sebagai dasar dan pengembangan dalam majunya manajemeninformatika khususnya pembuatan sistem informasi. Dalam pembuatan sistem informasitersebut menggunakan sistem bilangan biner dan kode bilangan. Semua disusun denganurutan tertentu sehingga menghasilkan suatu sistem informasi yang dapat digunakan untukmempermudah aktifitas kita dan juga membuat suatu pemrograman di komputer, kita harusmenggunakan algoritma. Algoritma itu sendiri adalah langkah sistematis yang mengikutikaidah logika.
Copyrights © 2016