Abstrak Film Upin-Ipin banyak digemari anak. Ketertarikan anak menjadi daya tarik tersendiri untuk dianalisis berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam. Pendidikan dalam sastraanak memuat amanat tentang nilai nilai moral, ajaran agama, dan nilai nilai pendidikanuntuk pembentukan kepribadian anak. Film merupakan bagian dari sastra anak berupakomik. Film Upin Ipin sangat digemari anak-anak. Film Upin Ipin menjadi kajianmenarik untuk dianalisis berdasarkan nilai-nilai ajaran Islam. Film ini bertema Ramadhansehingga menjadi sangat menarik. Sastra anak adalah sastra yang mencerminkan perasaandan pengalaman anak-anak masa kini yang dapat dilihat dan dipahami melalui mata anak-anak. Sastra anak sebagai bacaan bahkan tontonan yang secara khusus cocok untukmemuaskan sekelompok anak. Film ini memberikan nilai keteladanan anak untuk meneladani danmelaksanakan nilai-nilai ajaran Islam. Ajaran puasa berupa shalat berjamah, mengajibersama, bersilaturahmi, dan beruat baik menjadi bentuk nilai-nilai yang mencerminkanketeladakan berkarakter anak. Sikap dan karakter film akan membekas pada jiwa danperkembangan anak. Anak akan mudah terpengaruh terhadap perkembangan visual. Filmkartun menjadi bagian dari pengembangan sastra digital. Pengaruh film bagi anak sangat mendominasi bagi perilaku dan perkembangankognitif. Sikap, dan perilaku anak. Judul film Upin Ipin yang dianaliis antara lain adalahUpin Ipin Belajar Mengaji, Upin Ipin Berpuasa Bersama Kawan Baru dan SelamatMenyambut Lebaran, Istimewa Hari Raya, Ramadhan Kembali Lagi dan MenjelangSyawal, dan Riang Raya. Film ini syarat dengan keteladanan anak. Film Upin Ipinmerupakan bagian dari sastra anak berjenis komik dalam bentuk film animasi. Durasipenanyangan film ini berkisar 30 ? 120 menit. Bentuk sastra anak jenis komik film kartunyang disukai oleh anak-anak..Kata Kunci : Sastra Anak, Nilai Ajaran Islam, Karakter
Copyrights © 2019