Account : Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perbankan
Vol 5, No 1 (2018): Account Vol 5 No 1 Juni 2018

MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN AKUNTANSI UNTUK MENGANTISIPASI DESRUPSI TEKNOLOGI

muchtar, Ali Masjono (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2019

Abstract

ABSTRAK Era desrupsi telah berjalan dan telah mengancam beberapa profesi, banyak profesi telah tergerus dengankemajuan teknologi. Akankah auditor tergerus dengan desrupsi ini. Tujuan dari artikel ini adalah memberikanalternatip solusi agar kurikulum akuntansi merobah orientansi pengajarannya (model pembelajaran, kurikulum,pola, sumber dan methodology) kepada muatan teknologi yang berimbang antara akuntansi model lama denganakuntansi berbasis komputer agar lulusan mampu menghadapi desrupsi di dunia nyata. Penulisan artikelberdasarkan hasil observasi, pengalaman dan kajian artikel terkait dengan topik bahasan. Analisis berdasarkanhasil pembahasan dari observasi terhadap progam studi komputerisasi akuntansi yang ada di Indonesia dan hasilpengembangan kurikulum yang pernah di lakukan oleh penulis dibeberapa Perguruan Tinggi. Untuk menjawabtantangan desrupsi ini bisa diantisipasi jika pengajaran akuntansi manual dikombinasikan dengan teknologiinformasi secara penuh. Semua siklus akuntansi telah dikomputerisasikan dan sebagai konsekwensinya adalahauditnyapun harus berbasis komputer dan menggunakan komputer. Mahasiswa harus dibekali illmu akuntansidan ilmu komputer yang seimbang dengan harapan desrupsi akan bisa diantisipasi dengan baik. Alternatipkurikulum untuk mengantisipasi desrupsi dapat dilihat di artikel. Kata kunci; desrupsi, kurikulum berimbang, auditor ABSTRACT Disruption era has been running and has threatened several professions, many professions have been eroded bytechnological advances. Will the auditor be crushed with this disruption? The purpose of this article is to providean alternative solution for the accounting curriculum to change its teaching orientation (model of teaching,curicula, pattern, source and methodology) to a balanced technology load between conventional accounting andcomputer-based accounting to produce graduate with capability of dealing with disruptions in the real world.Writing articles based on the results of observation, experience and tinjauan of articles related to the topic ofdiscussion. Analysis based on the results of the discussion of the observations on computerized accounting studyprogram in Indonesia and the results of curriculum development ever done by authors in several universities. Toaddress this challenge, it can be anticipated if manual accounting teaching is combined with full informationtechnology. All accounting cycles have been computerized and consequently the audits should be computer-basedand using a computer. Students must be equipped with balanced accounting and computer science in the hopethat disruption will be well anticipated. Alternative curricula to anticipate disruption can be seen in the article.Key word: disruption, balance curricula, auditor

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

acc

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Account merupakan jurnal yang diterbitkan untuk memberikan masukan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dibidang akuntansi, keuangan dan perbankan. Artikel yang dimuat di jurnal ini merupakan kajian teoritis dan hasil riset terapan dibidang akuntansi, keuangan dan ...