Insan Cita Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 2, No 1 (2020): Februari 2020 - Insan Cita Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Pengenalan Bahasa Arab Dasar Melalui Lu’bah Lughawiyyah Bagi Generasi Muhammadiyah Di Panti Asuhan Aisyiah Limboto

Suharia Sarif (Universitas Muhammadiyah Gorontalo)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2020

Abstract

Tujuan mempelajari bahasa Asing adalah agar peserta memiliki keterampilan berbahasa, yakni: menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Akan tetapi, dalam pembelajaran tersebut sering menjumpai hambatan yang bersifat internal dan ekternal. Faktor ekternal dapat berupa kurangnya media pembelajaran yang digunakan salah satunya dapat diajarkan melalui permainan bahasa. Permainan bahasa sangat tepat digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab. Sehingga peserta dapat memahami bahasa Arab dengan mudah tanpa mengalami keterpaksaan untuk mempelajarinya. Sebuah permainan bahasa dianggap baik, jika permainan tersebut dapat memperngaruhi penguasaan bahasa dan mampu membantu peserta didik dalam mempelajari materi bahasa yang lebih dari sekedar aktivitas bermain itu sendiri.Permasalah yang dihadapi yaitu minimnya pengetahuan bahasa Arab dasar  serta model – model pembelajaran bahasa Arab yang masih bersifat monoton dalam proses pembelajarannya. Adapun peserta kegiatan ini adalah seluruh anak-anak panti asuhan Asiyiah Limboto.Kegiatan dilaksanakan dengan memberikan pelatihan permainan bahasa yang dimulai dengan pemberian mufradat berwarna dan bergambar, nyanyian serta game. Hasil yang dicapai dalam pelaksnaan kegiatan ini yaitu; meningkat perbendaharaan kosakata, cepat memahami materi bahasa Arab, menambah wawasan dan inovasi dalam pemberian mengajarkan bahasa Arab melalui permainan bahasa.Kata kunci : Bahasa arab, permainan Bahasa

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

insancita

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Public Health Social Sciences

Description

1) community service and local food security; 2) training, marketing, appropriate technology and design; 3) community empowerment and social access; 4) student community service; 5) development of underdeveloped areas; and 6) education for sustainable ...