Publica : Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik
Vol 11, No 1 (2020): Jurnal Publica Vol 11 No 1

PENGARUH KUALITAS LAYANAN PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT (Studi Pada Pengguna Jasa Kepabeanan dan Cukai, Kantor Bea Dan Cukai Kendari)

Trisman Awaludin (Unknown)
Wempy Banga (Unknown)
Muhammad Basri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan pegawai terhadap kepuasan masyarakat pengguna jasa kepabeanan dan cukai pada Kantor Bea dan Cukai Kendari. Populasi penelitian adalah seluruh pengguna jasa layanan kepabeanan dan cukai yang berurusan dengan Kantor Bea dan Cukai Kendari tahun tahun 2018, sebanyak 106 orang, dan ditetapkan responden sebanyak 53 orang menggunakan pendekatan rumus Slovin dengan presisi 0,1. Data dianalisis menggunakan program SPSSversi 23.0. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kualitas layanan pegawai berpengaruh posisitif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna jasa kepabeanan dan cukai atas pelayanan. Semakin baik kualitas layanan pegawai maka semakin tinggi pula kepuasan pengguna jasa layanan kepabeanan dan cukai pada kantor Bea dan Cukai Kota Kendari. Kata kunci: kualitas layanan, kepuasan masyarakat                    

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

publika

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Publica memuat berbagai karya tulis ilmiah dari hasil penelitian dan kajian literatur para mahasiswa, dosen, peneliti dan pemerhati pada masalah-masalah yang berkaitan dengan Kebijakan Publik, Organisasi dan Manajemen, Administrasi Kepegawaian, Administrasi Keuangan, Komunikasi dan ...