Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan pegawai terhadap kepuasan masyarakat pengguna jasa kepabeanan dan cukai pada Kantor Bea dan Cukai Kendari. Populasi penelitian adalah seluruh pengguna jasa layanan kepabeanan dan cukai yang berurusan dengan Kantor Bea dan Cukai Kendari tahun tahun 2018, sebanyak 106 orang, dan ditetapkan responden sebanyak 53 orang menggunakan pendekatan rumus Slovin dengan presisi 0,1. Data dianalisis menggunakan program SPSSversi 23.0. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kualitas layanan pegawai berpengaruh posisitif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna jasa kepabeanan dan cukai atas pelayanan. Semakin baik kualitas layanan pegawai maka semakin tinggi pula kepuasan pengguna jasa layanan kepabeanan dan cukai pada kantor Bea dan Cukai Kota Kendari. Kata kunci: kualitas layanan, kepuasan masyarakat
Copyrights © 2020