Jurnal Kesehatan
Vol 13, No 1 (2020): Jurnal Kesehatan

HUBUNGAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM KABUPATEN TANGERANG TAHUN 2019

Rahmiati, Rahmiati (Unknown)
Temesveri, Nauri Anggita (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2020

Abstract

Minat kunjungan ulang pasien menjadi sangat penting untuk mempertahankan eksistensi rumah sakit. Kualitas pelayanan yang baik akan memberikan kepuasan pelanggan, sehingga mempengaruhi pengambilan keputusan minat kunjungan ulang bagi pasien. RSU Kabupaten Tangerang mengalami penurunan jumlah kunjungan pasien pada tahun 2017 dan tahun 2018 sebanyak 10.11%. Hal tersebut juga berdampak pada target kunjungan pasien yang tidak tercapai dalam Rencana Bisnis dan Anggaran Pertahun rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi pada dimensi kualitas pelayanan dengan minat kunjungan ulang pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang. Jenis penelitian menggunakan desain potong lintang. Sampel dalam penelitian sebanyak 106 pasien lama. Analisis data menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukan bahwa lima dimensi kualitas pelayanan terdiri dari bukti fisik, kehandalan,daya tanggap, jaminan, dan empati tidak berhubungan dengan minat kunjungan ulang pasien (p-value 0.05).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JK

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Kesehatan is a scientific journal of the Faculty of Health Sciences of Universitas Muhammadiyah Surakarta, which emphasizes on the delivery of scientific research results and literature review in the field of health in general. ...