Bank merupakan sebagai perantara antara masyarakat kelebihan dana dengan masyarakat kekurangan dana, maka usaha pokok yang dilaksanakan bank adalah kegiatan-kegiatan pada sektor pengkreditan, atau penyaluran dana. Namun dalam usaha penyaluran dana tidak terlepas dengan resiko kegagalan atau kemacetan dalam pelunasannya, yang mana nasabah tidak mampu lagi untuk melunasi kreditnya.Begitu pula pada PT. BPRS Baiturrahman tidak terlepas dengan kredit macet, untuk menghindari hal tersebut maka diperlukan manajemen kredit yang efektif sehingga bank mampu untuk menurunkan kredit macet tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kredit yang diterapkan pada PT. BPRS Baiturrahman di Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang dikumpukan merupakan data primer dan data sekunder dengan teknik wawancara dan dokumentasi.           Dari hasil analisis ini diperoleh bahwa manajemen kredit yang diterapkan PT. BPRS Baiturrahman sudah mampu dan efektif untuk mengolah kredit dengan menggunakan anaisis 5C, dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Untuk mengurangi agar tidak terjadinya kredit macet maka pihak PT. BPRS Baiturrahman melakukan pengawasan secara aktif dan fasif. Jika dilihat dari kolektibilitas tahun 2009-2011 kredit macet pada tahun 2009 sebesar 8% dan mengalami penurunan pada tahun 2010 sebesar 7% ketika tahun 2011 meningkat menjadi 8,5%. Keyword: Analisis Manajemen Kredit, BPRS Baiturrahman
Copyrights © 2012