Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 5, No 1 (2020): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA INDUSTRI KERIPIK (STUDI UD. LEMO SUKSES SEJATI KECAMATAN KULISUSU BUTON UTARA)

Chaerani, Septi Nur (Unknown)
Jopang, Jopang (Unknown)
Nurjannah, Nurjannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2020

Abstract

This study aims: To find out the Strategy for Developing Small-Scale Home Business of Oblong Chips Industry at UD. Lemo Sukses Sejati Kulisusu North Buton District. The benefits of this research are the scientific development of business feasibility studies in business development majoring in Business Administration and in addition to knowledge, experience and add insight for writers, especially in solving problems and analyzing the data under study whether it is in accordance with the theory that has been obtained in the lecture benchInformants in this study are: Business Owners 1 employee, 4 people and Retailers 2 people. The data analysis technique used is the Qualitative Descriptive Analysis method and the SWOT analysis methodThe results showed that: (1). Market / Marketing aspects conducted by UD. Lemo Sukses Sejati Kulisusu North Buton District is Direct selling Internet (social media); (2) Financial Aspect is the source of capital that will be used to run the business initially, private capital and the amount of capital used to run a business of around 500 thousand excluding equipment and the monthly turnover obtained is approximately 10 million per month; (3) Technical / Production aspect is the production capacity in the production of a one-time product period for a month is 100 to 200 packs and the production system is running well so far, where the management of raw materials is produced manually by several employees; (4) Management and HR aspects are good, where each analyzes the position needed to complete certain types of work; (5) the strategy used for the Development of Small Business Home Keripik Industry is differentiation, therefore alternative competitive strategies that should be used by UD. Lemo Sukses Sejati is an SO strategy that seeks to expand / increase the type of business and improve services through the use of strength in the form of the variety of products needed, the number and variety of products, quality, flexibility, cost reduction and delivery, the existence of higher pricing policies, intensive promotions and operational activitie.ABSTRAKPenelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui Strategi Pengembangan Usaha Industri Keripik Pada UD. Lemo Sukses Sejati Kecamatan Kulisusu Buton Utara. Manfaat penelitian ini adalah Untuk pengembangan keilmuan mengenai studi kelayakan bisnis pengembangan usaha  pada jurusan Ilmu Administrasi Bisnis dan Sebagai tambahan ilmu pengetahuan, pengalaman dan menambah wawasan bagi penulis terutama dalam memecahkan masalah dan menganalisis data yang diteliti apakah sesuai dengan teori yang telah diperoleh di bangku perkuliahan. Informan dalam penelitian ini adalah : Pemilik Usaha 1 orang karyawan, 4 orang dan Pengecer 2 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Analisis Deskriptif Kualitatif dan Metode analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Aspek Pasar/ Pemasaran yang dilakukan oleh UD. Lemo Sukses Sejati Kecamatan Kulisusu Buton Utara adalah Direct selling Internet (media sosial); (2) Aspek Keuangan yakni, sumber permodalan yang akan digunakan untuk menjalankan usaha awalnya modal pribadi dan besar modal yang digunakan dalam menjalankan usaha sekitar 500 ribu diluar peralatan serta omset perbulan yang didapatkan adalah kurang lebih 10 juta perbulan; (3) Aspek Teknis/ Produksi adalah kapasitas produksi dalam produksi satu kali masa produk selama sebulan adalah 100 sampai denga  200 bungkus dan sistem produksi yang berjalan selama ini berjalan dengan baik, dimana pengolalaan bahan mentah di produksi dengan manual dari beberapa karyawan; (4) Aspek Manajemen dan SDM sudah baik, dimana masing-masing menganalisis jabatan yang diperlukan untuk menyelesaikan jenis pekerjaan tertentu; (5)  strategi yang digunakan Strategi untuk Pengembangan Usaha Industri Keripik Pada UD. Lemo Sukses Sejati Kecamatan Kulisusu Buton Utara adalah differensiasi, oleh karena itu alternatif strategi bersaing yang sebaiknya digunakan oleh UD. Lemo Sukses Sejati adalah strategi SO yaitu berupaya memperluas/menambah jenis usaha dan meningkatkan pelayanan melalui pemanfaatan kekuatan berupa bervariasinya produk yang dibutuhkan, jumlah dan variasi produk, quality, fleksibility, cost reduction dan delivery, adanya kebijakan harga yang lebih tinggi, promosi yang intensif serta kegiatan operasional. Kata Kunci: Strategi Pengembangan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BUSSINESUHO

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is organized by Laboratorium Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia. Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis focused on studies on bussines finansial, marketing, and human resources. ...