Jurnal Pariwisata
Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Pariwisata

HUBUNGAN TERPAAN PROMISI WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KE OBJEK WISATA CITUMANG

Ikhsan Fuady (Universitas Padjadjaran)
Tegar Ramadhan S.P (Universitas Padjadjaran)
Maya Andina Sunarya (Universitas Padjadjaran)
Ghiyats Hisyam (Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2020

Abstract

ABSTRAKCitumang merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Pangandaran yang memiliki potensi yang sangat besar. Dalam meingkatkan kunjungan wisatawan, promosi merupakan suatu keharusan. Efektititas promosi sangat tergantung strategi promosi yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas promosi pariwisata terhadap minat wisatawan. Penelitian ini menggunakan kerangka teori Elaboration Likelihood Model sebagai kerangka teori. Metode penelitian ini adalah dengan Metode kuantitatif dengan pendekatan survey, populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa yang pernah melihat  promosi objek wisata Citumang baik melalui facebook, instagram, maupun youtube. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pesan dan desain pesan dalam promosi memiliki hubungan yang kuat terhadap minat wisatawan untuk berkunjung ke objek Wisata Citumang. Pesan yang lengkap dan akurat serta pesan yang dikemas secara atraktif memiliki hubungan yang kuat dengan efektifitas promosi dan minat kunjungan. Kata Kunci: promosi, ELM, Minat ABSTRACTCitumang is one of the attractions in Pangandaran Regency which has enormous potential. In increasing tourist visits, promotion is a must. The effectiveness of promotion depends very much on the promotional strategy adopted. This study aims to determine the effectiveness of tourism promotion of tourist interest. This study uses the Elaboration Likelihood Model theoretical framework as a theoretical framework. This research method is a quantitative method with a survey approach, the population in this study are students who have seen the promotion of Citumang attractions either through Facebook, Instagram, or YouTube. The results showed that the quality of messages and message design in promotion has a strong relationship with the interest of tourists to visit Citumang Tourism objects. Complete and accurate messages and messages that are attractively packaged have a strong relationship with the effectiveness of promotions and interest in visits Keywords: promotion, ELM, Interest

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science

Description

Jurnal PARIWISATA Terbit pertama kali pada 2014. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai Kepariwisataan dan Destinasi Wisata. Dengan lingkup keilmuan pada bidang: 1. Destinasi Pariwisata 2. Kualitas Pelayanan 3. Perhotelan 4. ...