Annual Research Seminar
Vol 2, No 1 (2016)

Literatur Review tingkat kematangan E-Learning di Perguruan Tinggi Indonesia

Purwita Sari (Departement Of Information System Sriwijaya University)
Darius Antoni (Unknown)
Syahril Rizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2017

Abstract

Implementasi e-learning di Indonesia sudah banyak diterapkan pada Perguruan Tinggi dalam hal mengatasi kendala sumber daya belajar. Untuk memahami proses implementasi e-learning yang sudah ada, dibutuhkan evaluasi tingkat kematangan sistem e-learning yang dianggap mampu mengungkapkan dan menggambarkan proses yang sudah berjalan. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui aspek atau katergori apa yang telah mencapai tingkat kematangan sistem e-learning yang ada di Perguruan Tinggi Indonesia yang baik dan kategori apa yang masih perlu ditingkatkan maturity-nya supaya tidak mengalami kegagalan dan penerapan e-learning dapat berlangsung dengan sukses. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja eMM yang dapat digunakan sebuah institusi untuk mengukur sejauh mana (tingkat kematangan) kapabilitas e-learning yang ada apakah sudah sesuai atau belum dengan kebutuhan pengajar, pembelajar, dan institusi.  Dimensi kapabilitas dinyatakan dalam skala 1 (Delivery), 2 (Planning), 3 (Definition), 4 (Management), dan 5 (Optimization). Hasil dari penelitian ini adalah berupa gambaran tingkat kematangan e-learning yang ada di Perguruan Tinggi Indonesia.

Copyrights © 2016