Annual Research Seminar
Vol 5, No 2 (2019): Special Issue : Pengabdian Kepada Masyarakat

Sosialisasi dan Pelatihan Computational Thinking untuk Guru TK, SD, dan SMP di Sekolah Alam Indonesia (SAI) Palembang

Mastura Diana Marieska (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya Palembang, Indonesia)
Dian Palupi Rini (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya Palembang, Indonesia)
Nabila Rizky Oktadini (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya Palembang, Indonesia)
Novi Yusliani (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya Palembang, Indonesia)
Yunita Yunita (Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya Palembang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2020

Abstract

Computational thinking umumnya hanyadipahami oleh kelompok tertentu, terutama orang yangbekerja di bidang informatika. Padahal computationalthinking merupakan skill yang penting untuk dikuasai padaera digital seperti sekarang ini. Di berbagai negara maju,pelajaran wajib yaitu STEM (Science, Technology,Engineering, and Mathematics) telah diperluas menjadiSTEM-C, yaitu penambahan computational thinking sebagaipelajaran wajib di sekolah. Diperlukan sosialisasi yang luasagar masyarakat Indonesia mengenal dan menyadaripentingnya kemampuan computational thinking. Salah satubentuk sosialisasi yang efektif adalah dengan memberipelatihan pada para guru. Pada tanggal 3 November 2018,telah dilakukan sosialisasi dan pelatihan computationalthinking pada guru TK, SD, dan SMP di Sekolah AlamIndonesia Palembang. Pencapaian dari pelatihan ini adalahpara guru memahami lebih dalam mengenai computationalthinking dan memiliki strategi yang nyata untuk menerapkanpembelajaran computational thinking di kelasnya masing-masing.

Copyrights © 2019