Pasar global adalah pasar dimana harga, jasa, orang-orang, keahlian, gagasannya dan pembeli bergerak dengan bebas lintas batas-batas geografis yang tersebar diberbagai negara di dunia. Setiap perusahaan mempunyai peluang untuk memasuki pasar global, baik bisnis berskala besar, berskala menegah dan kecil dapat mengelola setiap bisnis di pasar global untuk meraih pendapatan yang besar. Ekspansi ke pasar global dapat ditempuh dengan berbagai cara diantaranya dengan ekspor, lisensi, aliansi, akuisisi dan mendirikan anak perusahaan baru. Sebagai bahan pertimbangan yang dapat digunakan perusahaan untuk memilih pasar antara lain adalah faktor-faktor khusus perusahaan, faktor-faktor khusus pasar dan faktor-faktor khusus lingkungan. Indikator pasar dapat dianalisis dari beberapa aspek seperti PNB per kapita, populasi suatu negara dan biaya konsumsi dari negara-negara tertentuÂ
Copyrights © 2011