Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan
Vol. 3 No. 1 (2020)

Upaya Pencapaian Angka Kelulusan Uji Kompetensi Profesi Ners Melalui Pendekatan Metode Peer-Teaching

Irwan Hadi (STIKES YARSI Mataram)
Harlina Putri (STIKES YARSI Mataram)
Misroh Mulianingsih (STIKES YARSI Mataram)



Article Info

Publish Date
30 May 2020

Abstract

Angka kelululusan Uji Kompetensi Ners di Indonesia belum optimal. Peer teaching merupakan metode pembelajaran dengan menggunakan teman sebaya sebagai fasilitator. Hubungan antara teman sebaya lebih dekat dan lebih aktif dibandingkan dengan hubungan antara fasilitator lain. Penelitian iniĀ  bertujuanĀ  untuk meningkatkan pencapain kelulusan uji kompetensi profesi Ners dengan pendekatan Peer Teaching. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan di STIKES Yarsi Mataram dengan subjek penelitian yang didapatkan melalui tehnik purposive sampling. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa pendekatan peer teaching mempunyai efektivitas dalam peningkatan kelulusan uji kompetensi dengan nilai p value=0,000 dengan tingkat kekuatan pengaruh sebesar 73,8%. Peran teman sebaya sebagai strategi peningkatan kemampuan pemahaman uji kompetensi sangat berpengaruh terhadap peningkatan kelulusan uji kompetensi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jkmk

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan (e-ISSN 2621-5047) published by the Indonesian National Nurses Association (INNA) of Central Java. Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan publishes two issues in a year. Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan has been indexed in an ...