Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar murid Dalam Pembelajaran IPS melalui penggunaan Model Pembelajaran Kooperative Learning Tipe Jigsaw Murid Kelas V SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang didesain melalui penelitian tindakan kelas (class room action research). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus dilaksanakan 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar, dengan jumlah murid 39 orang. Sebanyak 28 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Instrument penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang dicapai secara kuantitatif yaitu: (1) Pada siklus pertama diperoleh nilai rata-rata hasil belajar murid Kelas V SD Bertingkat Mamajang I Makassar  yaitu 62,50 (2) Pada siklus kedua diperoleh nilai rata-rata hasil belajar murid kelas V Kelas V SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar lebih tinggi yang  mencapai 85 sehingga dapat disimpulkan peningkatannya mencapai 22,50. Terutama pada perubahan sikap, motivasi, antusias, dan hasil belajar murid dalam memahami materi. Jadi, penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS murid kelas V SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar mengalami peningkatan. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020