DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 3, No 1 (2020): April

PENGARUH PENGGUNAAN SARANA PENDIDIKAN DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA SD INPRES PACCERAKKANG KOTA MAKASSAR

Wahid, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2020

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah kondisi sarana pendidikan yang ada pada SD Inpres  Paccerakkang  Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar; 2) Bagaimanakah penyelenggaraan proses belajar mengajar di SD Inpres  Paccerakkang  Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar; 3) Bagaimanakah Efektifitas pemanfaatan sarana pendidikan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar pada SD Inpres Paccerakkang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar; 4) Bagaimana perkembangan hasil didik pada SD Inpres  Paccerakkang  Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1)  Untuk mengetahui kondisi sarana pendidikan yang ada pada SD Inpres Paccerakkang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar; 2) Untuk penyelenggaraan proses belajar mengajar di SD Inpres  Paccerakkang  Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar; 3) Untuk mengetahui efektifitas pemanfaatan sarana pendidikan yang dimiliki SD Inpres  Paccerakkang  Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, dalam kegiatan proses belajar mengajar di sekolah tersebut; 4) Untuk mengetahui perkembangan hasil didik pada SD Inpres Paccerakkang  Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Mengajukan konsep pemecahan masalah jika diperlukan di lokasi penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tipe penelitian korelatif deskriptif, yaitu berupaya menggambarkan hasil korelasi antara variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Sarana pendidikan bagi murid sekolah dasar yang ada sangat besar manfaatnya bagi murid jika digunakan dalam proses belajar-mengajar. 2) Alat peraga dan alat bantu belajar lainnya masih perlu ditambah jumlahnya. 3) Walaupun jumlah dan kualitas sarana penididikan yang ada tersebut belum memadai, tetapi mampu digunakan secara efektif oleh guru-guru dalam proses belajar-mengajar di sekolah tersebut. 4) Sarana pendidikan berupa perpustakaan sekolah, belum dimanfaatkan secara maksimal. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dikdas

Publisher

Subject

Description

DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar dikelola dengan proses peer review dan open acces. memiliki p-ISSN: 2620-5246 dan e-ISSN: 2620-6307. Terbit dua kali dalam setahun, bulan April dan September. Dipublikasikan oleh STKIP Andi Matappa Pangkep. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar ...